SILABUS ORIENTASI
PEMBINA PMR
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Tujuan Pembelajaran
|
Metodologi
|
Alokasi Waktu
|
Media
|
Sumber Belajar / Referensi
|
Gerakan Palang Merah
|
Gerakan Palang Merah dan
Bulan Sabit Merah Internasional
|
· Dapat menjelaskan sejarah berdirinya Gerakan
Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional
· Dapat menyebutkan tiga komponen Gerakan Palang
Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dan peran masing-masing komponen.
· Dapat menyebutkan peran dari Badan-badan (Sidang
Umum dan Konferensi Internasional)
|
· Ceramah
· Tanya jawab
· Diskusi
|
1 x 45’
|
· OHP
· Transparansi
· Poster
· Film tentang Gerakan
|
· Buku Panduan Diseminasi
· Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah
Internasional (Umar Mu’in, Gramedia, 1999)
· Mengenal Lebih Jauh Gerakan Palang Merah dan
Bulan Sabit Merah Internasional (ICRC)
|
|
Prinsip Dasar Gerakan Palang
Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional
|
· Dapat menyebutkan tujuh Prinsip Dasar Gerakan dan
menjelaskan esensi pengertiannya.
|
· Ceramah
· Diskusi kelompok untuk studi kasus
|
2 x 45’
|
· OHP& Transparansi
· Poster
· Studi kasus
|
· Buku Panduan Diseminasi
· Prinsip-prinsip dasar Gerakan PM & BSM ,
ICRC Jakarta
|
|
Lambang Palang Merah / Bulan
Sabit Merah
|
· Dapat menjelaskan sejarah lambang
· Dapat menjelaskan berbagai fungsi penggunaan lambang
· Mengenali tentang (kasus) penyalahgunaan lambang
|
· Ceramah
· Tanya jawab
|
1 x 45’
|
· OHP & Transparansi
· LCD proyektor
· Contoh-contoh penggunaan lambang
|
· Buku Panduan Diseminasi
· Peraturan Penggunaan Lambang Palang Merah dan
Bulan Sabit Merah oleh Perhimpunan Nasional (ICRC) – Unofficial doc perlu
dicetak
|
|
Hukum Humaniter
Internasional
|
· Dapat menjelaskan pengertian hukum humaniter
· Dapat menjelaskan mengenai aturan dasar hukum
humaniter
|
· Ceramah
· Studi Kasus
|
2 x 45’
|
· OHP & Transparansi
· LCD proyektor
· “Fighting by the rules” Film”
|
· Buku Panduan Diseminasi
· Hukum humaniter internasional: jawaban atas pertanyaan anda (ICRC)
Terjemahan Konvensi Jenewa 1949 (Dirjen Hukum & Per-UU-an
· Leaflet HHI
|
|
Organisasi PMI
|
· Dapat menerangkan sejarah pendirian Palang Merah
Indonesia dan mekanisme organisasi
· Dapat menerangkan visi & peran Palang Merah
Indonesia
· Dapat menyebutkan program karakteristik dan
kegiatan PMI
· Dapat memahami peran pembina PMR dalam mendukung
pelaksanaan dan pencapaian visi, misi, dan kegiatan PMI
· Dapat memahami peran pembina PMR dalam mendukung
PMI Cabang mengembangkan PMR dan PMI
|
· Ceramah
· Tanya jawab
|
2 x 45’
|
· OHP
· Transparansi
· LCD proyektor
· Film Profile PMI
|
· Buku Panduan Diseminasi
· Garis-garis Kebijakan PMI
· AD/ART PMI
· Buku profile PMI
|
Pembinaan PMR
|
Pembinaan PMR 2006 – 2009
|
· Dapat memahami pembinaan PMR 2006 – 2009
· Dapat memahami fungsi pembinan PMR dalam proses
pembinaan PMR
|
· Ceramah
· Tanya jawab
|
2 x 45’
|
· OHP
· Transparansi
· LCD proyektor
· Kertas manila
· Kertas flipchart
|
· Buku Pedoman PMR PMI Pusat
|
|
Struktur dan pembentukan PMR
|
· Dapat memahami struktur PMR
· Dapat menerapkan mekanisme pembentukan PMR
|
· Ceramah
· Tanya jawab
|
2 x 45’
|
· Kertas manila
· Kertas flipchart
· Transparansi
|
· Buku Pedoman PMR PMI Pusat
|
|
Perekrutan
|
· Dapat memahami mekanisme perekrutan PMR
· Dapat menerapkan mekanisme perekrutan PMR
|
· Ceramah
· Tanya jawab
· Diskusi
|
2 x 45’
|
· OHP
· Transparansi
· LCD proyektor
· Kertas manila
· Kertas flipchart
|
· Buku Pedoman PMR PMI Pusat
|
|
Pelatihan
|
· Dapat memahami mekanisme pelatihan PMR:
kurikulum, metode, media, mobilisasi pelatih
· Dapat memahami pendekatan PRS sebagai suatu pendekatan
pelatihan
· Dapat menerapkan mekanisme pelatihan PMR
|
· Ceramah
· Tanya jawab
· Diskusi
· Praktik
|
4 x 45’
|
· OHP
· Transparansi
· LCD proyektor
· Kertas manila
· Kertas flipchart
|
· Buku Pedoman PMR PMI Pusat
|
|
Tri Bakti PMR
|
· Dapat memahami Tri Bakti PMR, dan batasan untuk
PMR Mula, Madya, Wira
· Dapat memahami metode PRS sebagai suatu metode
pelaksanaan Tri Bakti PMR
· Dapat memfasilitasi pelaksanaan Tri Bakti PMR
dikalangan anggota PMR, yang terkait dengan program dan kegiatan PMI
|
· Ceramah
· Tanya jawab
· Diskusi
· Praktik
|
6 x 45’
|
· OHP
· Transparansi
· LCD proyektor
· Kertas manila
· Kertas flipchart
|
· Buku Pedoman PMR PMI Pusat
|
|
Pengembangan kapasitas
|
· Dapat memahami tujuan pengembangan kapasitas
untuk anggota PMR, Pembina, Pelatih, kelompok PMR
· Dapat memfasilitasi pengembangan kapasitas
· Memahami fungsi advokasi, kerjasama, dan
membangun jejaring
|
· Ceramah
· Tanya jawab
· Diskusi
· Praktik
|
3 x 45’
|
· OHP
· Transparansi
· LCD proyektor
· Kertas manila
· Kertas flipchart
|
· Buku Pedoman PMR PMI Pusat
|
|
Pendataan, monitoring, evaluasi dan pelaporan
|
· Dapat memahami tujuan, metode, dan alat
pendataan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan
· Dapat melaksanakan pendataan, monitoring,
evaluasi, dan pelaporan
|
· Ceramah
· Tanya jawab
· Diskusi
· Praktik
|
3 x 45’
|
· OHP
· Transparansi
· LCD proyektor
· Kertas manila
· Kertas flipchart
|
· Buku Pedoman PMR PMI Pusat
|
Rencana kerja tindak lanjut
|
· Rencana kerja tindak lanjut
|
· Dapat membuat rencana kerja pembinaan PMR
|
· Presentasi
· Diskusi
· Tanya jawab
|
5 x 45’
|
· Kertas kerja
· Kertas flipchart
|
· Format RKTL
|
|
|
|
TOTAL
|
35 x 45’
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar